Satuan Pendidikan :
Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII (Tujuh)/ 2 (dua)
Alokasi Waktu : 2 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Menggunakan konsep himpunan
dan diagram Venn dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : 4.4 Menyajikan himpunan dengan
diagram Venn
Indikator : 1. Mengenal Diagram Venn
2. Menentukan irisan dan gabungan dua himpunan
3. Menyajikan irisan dan gabungan dua himpunan dalam diagram Venn
A.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah dalam membuat
diagram Venn
2.
Siswa dapat menentukan anggota-anggota irisan dan
gabungan dari dua himpunan
3.
Siswa dapat menyajikan irisan dan gabungan dua himpunan
dengan diagram Venn.
B.
Materi Prasyarat
1.
Pengertian himpunan
2.
Menyatakan himpunan
3.
Himpunan Semesta
C.
Model dan Metode Pembelajaran
1.
Model :
Pembelajaran langsung dengan ICT
2.
Metode : Tanya
jawab dan diskusi
D.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (Pendahuluan)
¨ Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada materi yang akan
diajarkan
¨ Guru
memberikan beberapa pertanyaan tentang materi sebelumnya untuk mengetahui
kemampuan prasyarat siswa
2.
Kegiatan Inti
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
¨ Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dari dua himpunan serta
memberikan beberapa contoh soal yang berkaitan dengan irisan dan gabungan dua
himpunan.
|
¨ Memperhatikan penjelasan guru dengan sebaik-baiknya tentang irisan dan
gabungan dua himpunan.
|
¨ Meminta siswa untuk bertanya jika ada yang belum memahami tentang materi
yang telah dijelaskan.
|
¨ Mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada materi irisan dan gabungan dua
himpunan yang belum dipahami.
|
¨ Menjelaskan langkah-langkah dalam membuat diagram Venn serta memberikan
beberapa contoh soal yang berkaitan dengan cara menggambar diagram Venn dari dua
himpunan.
|
¨ Memperhatikan penjelasan guru dengan sebaik-baiknya tentang cara membuat
diagram Venn dari irisan dan gabungan dua himpunan.
|
¨ Meminta siswa untuk bertanya jika ada yang belum memahami cara menggambar
diagram Venn dua himpunan.
|
¨ Mengajukan pertanyaan kepada guru jika ada yang belum jelas tentang cara
menggambar diagram Venn irisan dan gabungan dua himpunan.
|
¨ Membagikan Lembar Kegiatan Siswa yang telah dipersiapkan oleh guru untuk
dikerjakan oleh siswa.
|
¨ Menerima Lembar Kegiatan Siswa yang telah dipersiapkan oleh guru.
|
¨ Meminta siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam Lembar Kegiatan
Siswa dengan sebaik-baiknya.
|
¨ Mengerjakan soal-soal yang ada dalam Lembar Kegiatan Siswa dengan
sebaik-baiknya.
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
¨ Memberikan bimbingan dan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan
dalam menjawab soal yang ada dalam LKS.
|
¨ Bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal
yang ada dalam LKS.
|
¨ Meminta beberapa siswa untuk menampilkan hasil kerjanya di papan tulis.
|
¨ Menuliskan hasil kerjanya di papan tulis.
|
¨ Meminta siswa lain untuk menanggapi hasil pekerjaan temannya yang ada di
papan tulis.
|
¨ Memberikan tanggapan terhadap pekerjaan temannya yang ada di papan tulis.
|
¨ Bersama-sama siswa membahas penyelesaian yang paling tepat untuk
soal-soal yang telah dikerjakan.
|
¨ Mengikuti pembahasan soal-soal yang dilakukan guru dan memberikan
tanggapan untuk penyelesaian soal-soal yang paling tepat.
|
3.
Kegiatan Akhir (Penutup)
¨ Guru
bersama-sama siswa membuat rangkuman tentang materi yang telah dipelajari pada
hari itu.
¨ Guru
memberikan soal-soal untuk dikerjakan siswa di rumah.
E.
Sumber Belajar
1.
Buku Matematika SMP Kelas VII Penerbit Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional
2.
Buku Matematika SMP Kelas VII yang relevan dengan materi
yang dipelajari
F.
Penilaian
1.
Teknik :
Tes Harian
2.
Bentuk Instrumen :
Soal Uraian
3.
Soal/Instrumen :
1)
Diketahui dua himpunan A = {1, 2, 3, 4, 6, 12} dan B =
{2, 4, 6, 8, 10}. Tentukan :
a.
Irisan dari himpunan A dan B ( A Ç B )
b.
Gabungan dari himpunan A dan B ( A È B )
2)
Diketahui P = { huruf-huruf pembentuk kata “matematika” }
dan
Q = { huruf-huruf pembentuk
kata “merdeka” }. Tentukan
a.
P Ç
Q
b.
P È
Q
3)
Diketahui M = {kelipatan 3 yang habis dibagi 2 dan kurang
dari 30} dan
N = {faktor dari 24}.
Tentukan :
a.
M È
N
b.
M Ç
N
4)
Diketahui C = {1, 2, 3, 4, 5, 6} dan D = {2, 4, 6, 8}.
Gambarkan kedua himpunan tersebut dalam diagram Venn !
5)
Diketahui K = {x |
3 < x £ 15, x Î bilangan prima} dan L = {x | x ³ 10, x Î bilangan asli }.
a.
Tuliskan anggota-anggota himpunan K
b.
Tuliskan anggota-anggota himpunan L
c.
Gambarkan diagram Venn untuk himpunan K dan L
Palembang, September
2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Matematika
_______________________ Yeni
Muliana
NIP : NIP
:
Diketahui S = {
1, 2, 3, . . ., 10}
A = Himpunan
bilangan ganjil yang tidak lebih dari 10
B = Himpunan
bilangan genap antara 1 dan 10
Tentukan :
a.
Anggota – anggota himpunan A
b.
Anggota – anggota himpunan B
c.
Irisan dari himpunan A dan B
d.
Gabungan dari himpunan A dan B
e.
Gambarkan diagram Venn-nya
f.
Adakah irisan dari kedua himpunan tersebut ? Apa yang
dapat kamu simpulkan ?
Penyelesaian :
a.
__________________________________________________________________________________________________________________________________
b.
__________________________________________________________________________________________________________________________________
c.
__________________________________________________________________________________________________________________________________
d.
__________________________________________________________________________________________________________________________________
e.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Diketahui S = Himpunan bilangan asli
C =
Himpunan bilangan asli yang kurang dari 6
D =
Himpunan lima bilangan asli yang pertama
Tentukan :
a.
Anggota – anggota S
b.
Anggota – anggota C
c.
Anggota – anggota D
d.
Gambarkan diagram Venn-nya
e.
Adakah irisan dari kedua himpunan tersebut ? Apa yang
dapat kamu simpulkan ?
Penyelesaian :
a.
____________________________________________________________________________________________________________________________
b.
____________________________________________________________________________________________________________________________
c.
____________________________________________________________________________________________________________________________
d.
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
e.
____________________________________________________________________________________________________________________________
Tidak ada komentar:
Posting Komentar